Pengaruh Penggunaan Aplikasi Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon

Vena Zakiyatul Laelah, (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu alternatif untuk proses pembelajaran yang digunakan di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran merupakan unsur penting dalam keberhasilan pendidikan, jika pembelajaran tidak didukung dengan media yang baik maka secara otomatis akan berdampak buruk terhadap hasil belajar, sementara itu menuju pada tercapainya hasil belajar yang baik harus diawali dengan minat belajar siswa yang baik. Penggunaan aplikasi Powtoon ini diharapkan dapat memotivasi minat belajar IPS dalam pembelajaran daring pada pandemi saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Powtoon dalam pembelajaran IPS di kelas VIII, untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan apalikasi Powtoon pada mata pelajaran IPS kelas VIII, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Powtoon terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al�Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Media Powtoon merupakan jenis media online yang dapat menyajikan presentasi atau paparan materi. Tampilannya berupa video yang berisi berbagai animasi-animasi yang menarik. Media pembelajaran Powtoon ini adalah salah satu alternatif dari berkembangnya teknologi untuk digunakan media pembelajaran interaktif dengan kombinasi beberapa media seperti audio dan visual. Pembelajaran ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok variabel yaitu variabel X (penggunaan aplikasi powtoon) dan variabel Y (minat belajar siswa) Sempel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII, berjumlah 30 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner (Angket). Teknik analisis data penelitian menggunakan uji prosentase, uji normalitas, linearitas, uji koefision korelasi, uji regrensi linear sederhana, uji korelasi determinasidan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa skala prosentase angket penggunaan aplikasi Powtoon dalam pembelajaran IPS di kelas VIII MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon berada pada kategori baik yaitu (75%). Minat belajar IPS siswa di kelas VIII MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Ciebon termasuk kategori baik dengan presentase (75,58%). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antar penggunaan aplikasi Powtoon terhadap minat belajar IPS siswa di kelas VIII MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon dengan koefisien deterninasi R Square 0,160, Thitung = 2.310 > ttabel 1,701, dengan nilai signifikansi t sebesar 0,003. Angka korelasi sebesar 0.400 berada pada rentang 0,40 – 0,60 kategori sedang. Sehingga dapat ditarik kesimpulam bahwa penggunaan aplikasi Powtoon berpengaruh terhadap minat belajar IPS siswa di kelas VIII MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: aplikasi powtoon, minat, belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:28
Last Modified: 19 Dec 2022 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item