Pengaruh Pembelajaran IPS Model Daring Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas Vii Di Mts Negeri 4 Kabupaten Cirebon

M Naufal Asyari, (2022) Pengaruh Pembelajaran IPS Model Daring Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas Vii Di Mts Negeri 4 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran model daring merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang menjadi solusi untuk situasi pandemi sekarang ini, ini adalah jalan satu-satunya pembelajaran agar tetap berjalan aagr tidak berhenti kegiatan pembelajaran. Sikap Sosial merupakan bentuk hasil capain kegiatan pembelajaran yang tergolong dalam nilai afektif, penilaian hasil kegiatan pembelajaran di Indonesia yang sesuai dengan Permendikbud No.23 Tahun 2016 yang meliputi penilaian Kognitif atau Pengetahuan, Afektif atau sikap, dan Psikomotorik atau keahlian. Sikap merupakan Cerminan seseorang yang berasal dari tingkah lakunya sebagai refleksi diri dari apa yang di pelajari baik dari Keluarga, sekolah, dan Lingkungan sekitar yang mana sika ini adalah sebuah bawaan yang dibawa oleh seseorang dari hasil pembelajaran dini dari keluarga. Tujuanlpenelitianiinijadalah.untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS,terhadap sikap kepedulian sosial terhadap siswa kelas VII. Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Artinya, model pembelajaran merupakan gambaran umum namun tetap mengerucut pada tujuan khusus. Pembelajaran Berbasis dalam jaringan adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya dijaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Pembelajaran model daring merupakan suatu terobosan atau inovasi pembelajaran untuk mengsiasati situasi pandemik ini agar pembelajaran tetap terus berjalan. Penelitian ini menggunakan metode peneletian kuantitatif regresi linerar sederhana dengan tehnik pengumpulan data, observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Menggunakan skala likert. Populasi berjumlah 795 siswa kemudian dipilih dengan cara Clusster Sampling sehingga mendapatkan sempel sebanyak 30 siswa atau satu kelas yang terpilih adalah VII B. Analisis data yang digunkan ialah uji prosentase, ujilnormalitas,kuji homogenitas, ujii linearitas, ujiikorelasi, uji determinasi, ujijregresi, dan hipotesis. Hasil penelitian ini memperoleh data pengaruh pembelajaran model daring terhadap sikap kepedulian sosial pada siswa kela VII di MTs Negeri 4 Cirebon, dari hasil perhitungan prosentase sebesar Variabel x (pengaruh Pembelajaran Model Daring) 57,17%, skor tersebut tergolong pada kategori cukup baik yang berada antara 55% - 70%, serta hasil prosentase variabel Y (sikap kepedulian sosial) sebesar 42,96% skor tersebut tergolong pada kategori kurang baik. Serta pearson correlation sebesar 0,721. Nilai korelasi ini berada direntang antara 0,7-0,9 yang memiliki arti tingkat hubungan kedua variabel X dan Y tingkat hubungannya kuat. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat di simpulkan terdapat hubungan antara pengaruh pembelajran model daring terhadap sikap kepedulian sosial siswa dengan tingkat hubungan yang cukup kuat, serta ada perubahan yang signifikan terdapat pada siswa kelas VII di MTs 4 Kab Cirebon pada sikap Kepedulian Sosial akibat dari pengaruh pembelajaran daring.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model Daring, Sikap Kepedulian Sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:33
Last Modified: 19 Dec 2022 03:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8665

Actions (login required)

View Item View Item