Pengaruh Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 8 Kota Cirebon

Fatlikha Wati, (2021) Pengaruh Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 8 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DAN DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 FAT.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FAT.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh penggunaan google form sebagai alat evalauasi pembelajaran daring (Online) terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 8 Kota Cirebon merupakan salah satu sekolah yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh atau online,menerapkan pembelajaran jarak jauh atau online, dimana proses belajar mengajar menggunakan aplikasi Google Form sebagai alat alternatif belajar. Akan tetapi, ketidaksiapan belajar berbasis teknologi ini memicu adanya permasalahan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar dan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran daring (Online), untuk mengetahui hasil belajar siswa dari diterapkan google form dalam pembelajaran daring (Online) di SMP N 8 Kota Cirebon, dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan google from sebagai alat evalausi pembelajaran daring (online) terhadap hasil belajar siswa Kelas VII di SMP N 8 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ex post facto. Sampel yang digunakan seluruhnya adalah 48 siswa dari 20% total populasi yaitu 240 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional cluster random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, uji homogenitas, uji determinasi, regresi liniear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket penggunaan google form berada pada kategori baik yakni pada skala 55-74%, dengan rata-rata 72,64% dan pada hasil belajar yang diambil dari nilai siswa sebanyak 77 % dinyatakan tuntas dan 23% dinyatakan belum tuntas. Selanjutnya dari hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,984 dengan taraf signifikansi 0,000 terdapat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis koefisien regresi (Sig.2-tailed) 0,00 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 8 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Google Form, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:28
Last Modified: 19 Dec 2022 04:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item