UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NURUL HUDA PANJALIN KIDUL KECAMATAN SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA ( Penelitian Tindakan Kelas )

KHOYUMAH FAJRIN NURAHIM, UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS NURUL HUDA PANJALIN KIDUL KECAMATAN SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA ( Penelitian Tindakan Kelas ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHOYUMAH FAJRIN NURAHIM_59440955_(pengesahan tidak ada)-min.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

KHOYUMAH : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTs Nurul Huda Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka Strategi index card match adalah cara menyenangkan lagi aktif untuk meninjau ulang materi pelajaran, ia membolehkan peserta didik untuk berpasangan dan memainkan kuis dengan kawan sekelas dengan mencocokkan kartu index. Namun pada kenyataannya guru mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII lebih banyak menggunakan metode klasik seperti metode ceramah. Untuk itu, penulis mencoba untuk meneliti tentang, 1) Bagaimana penerapan strategi Index Card Match?. 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi Index Card Match?. 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Index Card Match? Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk menggambarkan sejauh mana penerapan strategi Index Card Match. 2) Untuk mengkaji aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi Index Card Match. 3) Untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Index Card Match. Penelitian ini bertitik tolak pada kerangka pemikiran bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII pada sub pokok kegiatan ekonomi masayarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe index card match yang terdiri dari 3 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII A MTs Nurul Huda Panjalin Kidul yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1). Respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dapat dikategorikan Cukup dengan nilai angket 48,65%. 2). Aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 66%, siklus II 74% dan siklus III 88% 3). Hasil penelitian pada Prasiklus diperoleh rata-rata 54,59, persentase ketuntasan belajar sebesar 29,40%, pada siklus I diperoleh ratarata 62,05, persentase ketuntasan belajar sebesar 47%, Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 65,58, persentase ketuntasan belajar sebesar 64,70%, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa 69,55, persentase ketuntasan belajar siswa 82,35%. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi aktif tipe index card match dapat meningkatkan aktivitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:54
Last Modified: 15 Mar 2017 02:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item