Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di MAN 2 Kota Cirebon

Fatihatur Rizki, (2022) Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di MAN 2 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan metode Brainstorming masih kurang optimal dalam pengapliasiannya pada pembelajaran mata pelajaran sosiologi. Masih terdapat langkah-langkah metode Brainstorming yang belum sepenuhnya siswa dapat mengikutinya. Belum semua siswa berani dalam menyampaikan pendapat dan memberi solusi dari permasalahan yang guru berikan. Metode Brainstorming adalah metode pembelajaran yang berbasis pemecahan suatu masalah dengan membiarkan siswa memecahkan masalahnya sendir agar semua siswa aktif dalam proses pembelajaran dan mengungkapkan masing- masing pendapatnya,namun sebagian siswa masih kurang aktif. Peneitian ini betujuan untuk mengetahui penerapan metode Brainstorming, untuk mengetahui berapa besar pengaruh meode Brainstorming pada mata pelajaran Sosiologi, dan mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di MAN 2 Kota Cirebon. Penelitin ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Desain penelitian ini berpopulasi 114 dan sampel yang digunakan 63siswa. Tekni pengumpulan datanya meggunakan observasi, angket, dokumentasi,. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabillitas, uji normalitas,uji lineatas, uji regresi, uji hipotesis dengan bantuan aplkasi SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prossettase angket meode Brainstorming berada di 50%. Selanjutnya hasil uji normalitas dengan nilai signifikansi diatas 0,05 yaitu sebesar 0,710 maka data berdistribusi normal, berdasarkan hasil uji linierittas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,075 sedangkan untuk taraf (sig.-2-tailed) diperoleh nilai 0,05 dan uji regresi 0,05 maka dapat dikatakan bahwa metode Brainstorming bepengaruh pada mata pelajaran Sosiologi di MAN 2 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode, Brainstorming, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:03
Last Modified: 19 Dec 2022 07:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8693

Actions (login required)

View Item View Item