Perbandingan Kecerdasan Visual Spasial Siswa pada Pengguna Media Magic Card dan Media Gambar pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon

Riyadhlul Badi'ah, (2022) Perbandingan Kecerdasan Visual Spasial Siswa pada Pengguna Media Magic Card dan Media Gambar pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kecerdasan visual spasial siswa dalam pembelajaran IPS dikarenakan guru belum mengeksplorasi media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis visual yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan daya ingat, dan menstimulus kecerdasan visual spasial. Penggunaan media pembelajaran IPS yang tidak beragam membuat siswa cenderung sulit mengingat dan memahami kembali apa yang sedang mereka pelajari sehingga siswa belum mampu mengembangkan imajinasi dalam bentuk ide atau pendapatnya mengenai materi IPS yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan visual spasial siswa yang menggunakan media magic card, mengetahui kecerdasan visual spasial siswa yang menggunakan media gambar dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan kecerdasan visual spasial siswa antara yang menggunakan media magic card dengan media gambar pada pembelajaran IPS. Minimnya media pembelajaran yang bisa menggali kecerdasan visual spasial siswa serta kurangnya keterlibatan siswa dalam penggunaan media pembelajaran yang bisa mengasah kecerdasan visual spasial siswa menjadi penyebab utama rendahnya kecerdasan visual spasial siswa. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menggunakan media pembelajaran agar siswa menjadi lebih nyaman dan tidak merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga dengan adanya penggunaan media pembalajaran, kesulitan siswa dalam memahami materi tersebut dapat dibantu dengan menampilkannya media pembelajaran yang bervariasi dan menarik perhatian siswa untuk belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon yang terdiri dari delapan kelas dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Analisis yang digunakan adalah uji coba instrumen angket penelitian untuk mengetahui validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa, berdasarkan pada uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat perbedaan kecerdasan visual spasial siswa antara yang menggunakan media magic card dengan media gambar. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari pengujian hipotesis yang menunjukkan thitung (3,151) lebih besar dari ttabel (2.002) maka Ho ditolak, artinya terdapat Perbedaan Kecerdasan Visual Spasial Siswa antara yang Menggunakan Media Magic Card dengan Media Gambar pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Visual Spasial, Media Magic Card, Media Gambar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:21
Last Modified: 19 Dec 2022 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8697

Actions (login required)

View Item View Item