PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Umar Yasir, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan pembelajaran IPS terkesan monoton dengan mencatat dan hanya menggunakan media papan tulis sehingga siswa merasa bosan dan jenuh ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, Saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang sibuk bercerita dengan temannya, izin ke belakang dan menggambar di buku tulisnya, Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS, terlihat dari siswa yang tuntas KKM lebih sedikit dibanding siswa yang tuntas KKM, dengan KKM yang berlaku untuk kelas VIII semester 1 adalah 77 dan semester 2 adalah 78. Dari tiga ulangan harian terakhir mata pelajaran IPS nilai rata-rata kelas VIII sebesar 60,9. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 2 Susukan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis teknologi (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 2 Susukan yang menggunakan pembelajaran berbasis teknologi (3) Seberapa besar pengaruh pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 2 Susukan. Hasil belajar menjadi salah satu titik sentral atau indikator pencapaian tujuan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, Penggunaan pembelajaran berbasis teknologi merupakan faktor salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif bersifat eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Susukan Kab. Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Data penelitian ini diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berdasarkan hasil uji statistika menunjukkan bahwa nilai pretest rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi 54,0 (kelas eksperimen) dan 51,7 (kelas e kontrol). 2) Sedangkan nilai posttest rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis teknologi 81,5 (Kelas Eksperimen). 3) berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi untuk nilai posttest sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak dan hasi uji N-Gain terdapat pengaruh pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa sebesar 59,1% .

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Teknologi, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:52
Last Modified: 19 Dec 2022 07:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8704

Actions (login required)

View Item View Item