Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Darussalaf Kabupaten Cirebon

Maemunah Fadillah, (2022) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Darussalaf Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah cenderung lebih sering menggunakan metode pembelajaran konvesional seperti, ceramah dan tanya jawab. Kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran, mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk itu, penting bagi guru memiliki strategi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk merangsang siswa agar dapat berpikir kreatif adalah dengan menggunakan metode mind mapping. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan metode mind mapping dan metode konvesional dalam pemebelajaran IPS di SMP 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP. Metode mind map adalah suatu cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah dapat memetakan pikiran-pikiran. Sedangkan metode konvensional adalah metode atau cara lama yang digunakan pendidik dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi tes dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji NGain, uji independent sampel t�test. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji t-test data akhir yaitu diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,027 < 0,05. Karena nilai sig (2-tailed) < dari 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:34
Last Modified: 20 Dec 2022 00:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8721

Actions (login required)

View Item View Item