Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon

Ijah Khodijah, (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa masih terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran IPS salah satunya yaitu belum adanya penggunaan media pembelajaran IPS yang sesuai dan mampu melibatkan siswa secara aktif. Permasalahan tersebut berdampak pada kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran roda putar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTs Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Media pembelajaran roda putar adalah media yang menggunakan sebuah roda atau lingkaran yang terbagi menjadi beberapa sektor atau bagian yang didalamnya terdapat pertanyaan. Motivasi belajar merupakan dorongan yang timbul baik dari dalam maupun dari luar diri siswa, yang mampu menimbulkan semangat belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu X (penggunaan media pembelajaran roda putar) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al�Hidayah GUPPI Kota Cirebon yang berjumlah 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang bersifat kuantitatif menggunakan analisis persentase, sedangkan data yang bersifat kualitatif menggunakan analisis logika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran roda putar pada pembelajaran IPS dari 35 responden kelas VII yaitu 74,92% termasuk dalam kategori baik. (2) motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dari 35 responden kelas VII yaitu 75,21% termasuk juga dalam kategori baik. (3) adapun faktor pendukung penggunaan media pembelajaran roda putar pada pembelajaran IPS yaitu adanya kesiapan dan rasa semangat siswa dalam belajar, lingkungan belajar siswa yang mendukung proses pembelajaran, dan tingkat pengetahuan siswa yang cukup memadai tentang penggunaan media pembelajaran. Terdapat pula faktor penghambat seperti keterbatasan variasi media pembelajaran lain, kurang tersedianya waktu yang cukup untuk penggunaan media pembelajaran roda putar, dan banyaknya kegiatan yang harus dikerjakan guru sehingga kurang mempersiapkan pembelajaran menggunakan media.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Roda Putar, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:52
Last Modified: 20 Dec 2022 00:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item