PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Siti Nurlela, (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang monoton seperti model pembelajaran konvensional, sehingga proses pembelajaran dirasa kurang efektif dan siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar siswa yang krang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon. Model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) adalah model pembelajaran dimana siswa saling membagi informasi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur yang dilakukan dengan cara membentuk lingkaran kecil (dalam) dan lingkaran besar (luar). Tujuan model pembelajaran ini yaitu melatih siswa agar belajar mandiri dan berbicara menyampaikan informasi kepada orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen kuasi. Dalam penelitian ini subyjek penelitian adalah kelas VIII G dan VIII I SMPN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon. Kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dengan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebanyak 20 butir soal pilihan ganda, kemudian analisis data yang digunakan diantaranya uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari model siswa. Hal ini dilihat dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t maka diperoleh t hitung = 2,303 dan t tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan df= 58, maka diperoleh t tabel 1,672. Artinya, t hitung > t tabel atau 2,303 > 1,672. Hasil lain dapat dilihat pada hasil perhitungan SPSS yang diperoleh yaitu sig sebesar 0,025, yang artinya 0,025 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa Hα diterima dan H0 ditolak, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui penelitian eksperimen dengan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Inside�Outside Circle (IOC) pada kelas VIII G SMPN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon, maka dapat diambil kesimpulan bahwa model Inside-Outside Circle (IOC) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia, dimana nilai rata-rata yang awalnya 56,33 menjadi 83,67.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model, Pembelajaran, Hasil
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 00:59
Last Modified: 20 Dec 2022 00:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item