Keterpaduan Sistem Pendidikan Pesantren Dan Pendidikan Formal (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Nur Arwani Buntet Pesantren Cirebon)

Riki Amirulloh, (2022) Keterpaduan Sistem Pendidikan Pesantren Dan Pendidikan Formal (Studi Deskriptif Di Pondok Pesantren Nur Arwani Buntet Pesantren Cirebon). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Perkembangan di masyarakat saat ini menghendaki adanya pembinaan anaknya dilakukan secara seimbang antara tingkah nilai dan akhlak, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kemampuan komunikasi, dan sikap terhadap lingkungan, dengan kata lain antara ilmu pengetahuan teknologi dan Iman Takwa harus seimbang dimiliki oleh anak sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pendidikan pesantren salaf di pondok pesantren Nur Arwani, penerapan pendidikan formal di pondok pesantren Nur Arwani, dan keterpaduan sistem pendidikan pesantren salaf dan pendidikan formal di pondok pesantren Nur Arwani dalam menghadapi dinamika global. Pondok pesantren dewasa ini merupakan lembaga gabungan antara sistem pondok pesantren yang memberikan pendidikan dan pengajaran agama Islam, serta menyelenggarakan pendidikan formal berbentuk madrasah dan bahkan sekolah umum dalam berbagai tingkatan dan sekolah kejuruan menurut kebutuhan masyarakat masing-masing. Keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual anak bangsa multak dibutuhkan demi keberlangsungan masa depan bangsa ini. Kecerdasan intelektual tanpa disertai dengan kecerdasan spiritual akan membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kehilangan karakter dan jati dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji keabsaan data menggunakan teknik triangulasi, menggunakan bahan referensi, member check. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan sistem pendidikan pesantren di pondok pesantren nur arwani, dapat dilihat berdasarkan kurikulum yang diterapkan, materi yang diajarkan. metode yang digunakan dalam pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar santri. (2) Penerapan pendidikan formal di pondok pesantren Nur Arwani, dapat dilihat berdasarkan kurikulum yang di terapkan, materi yang diajarkan. metode yang digunakan dalam pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa. (3) Keterpaduan sistem pendidikan pesantren salaf dan pendidikan formal dapat tercermin dari adanya sinergitas antara kurikulum pesantren dan madrasah, menejemen lembaga, setrategi dalam menghadapi dinamika global, serta faktor pendukung dan penghambat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keterpaduan, Sistem Pendidikan Pesantren, Pendidikan formal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:25
Last Modified: 20 Dec 2022 01:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item