EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KLANGENAN

ISTIANAH, (2013) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KLANGENAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ISTIANAH_59440953_ok-min.pdf

Download (743kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ISTIANAH :“Evaluasi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) Pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Klangenan” Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya sekolah atau guru tidak mengevalusi implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam prosese mengajar, hal ini terbukti masih kebanyakan guru masih kerepotan dalam membuat perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP. fenomenan yang ada sebagian guru dalam menyusun prangkat pembelajaran masih menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah ada, seperti perangkat pembelajaran sudah ada tidak dijadikan panduan dalam kegiatan mengajara apa lagi menevaluasi implementasi Kurikulum KTSP, melainkan untuk memenuhi kewajiban administrative. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data tentang perencanaan yang dilakukan guru dalam implementasi Kurikulum Tingkkat Satuan Pendidikan (KTSP). Implementasi Kurikulum Tingkkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 1 Klangenan. Faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkkat Satuan Pendidikan (KTSP) di kelas VII SMP Negeri 1 Klangenan. Evaluasi merupakan bagaian dari sistem yaitu perencanaan, pelaksanaan atau impelementasai karena kurikulum juga dirancang dari tahap perencanaan dimana guru harus membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), dan impelemetasi sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru yang akan menerapkan pada peroses pembelajaran, apakah sudah dilaksanakan dengan baik atau belum. Guru merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar, bahkan sangat menetukan berhasil tidaknya peserta didik atau siswa dalam belajara. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data empirik dan data teoritik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Guru -guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Klangenan. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan guru dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tidak sepenuhnya diterapkan karena melihat dari angka sebesar 32,5% yang menyatakan sebagian kecil yang berada pada prosentasi 10%-39%. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran IPS di kelas hampi setegahnya 49.70% dilihat dari hasil dalam batas ketentuan 40%-54% mencapai kategori kurang .Faktor menghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebesar 50,58% mencapai kategori kurang yaitu hasil dalam batas ketentuan antara 40%-54% .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:05
Last Modified: 15 Mar 2017 03:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item