Pengaruh Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Reguler di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon

Rizki Amilatul Azizah, (2022) Pengaruh Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII Reguler di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa indikator dari intensitas belajar yaitu rendahnya motivasi belajar, minat belajar, durasi, frekuensi, target dalam belajar dan arah sikap siswa dalam belajar. Intensitas belajar yang belum maksimal mempengaruhi hasil belajar yang belum tuntas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas belajar dan hasil belajar IPS serta mengukur seberapa besar pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII reguler di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon. Dalam kerangka pemikiran yang menunjukkan bahwa terdapat hasil belajar rendah untuk mengetahui hasil belajar rendah terdapat indikator-indikator dari intensitas belajar yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar yang telah diperoleh nilai PTS di kelas reguler yaitu kelas VIII.1 dan VIII.2 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian ex post facto, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 39 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus menggunakan seluruh populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji linearitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi product moment, uji determinasi, uji regresi sederhana dan uji hipotesis dengan pengolahan data aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) intensitas belajar sebesar 72,71% dengan kualifikasi baik. (2) Hasil belajar diperoleh rata-rata 69,62, 66,67% dikategorikan “Belum Tuntas” sedangkan 33,3% dikategorikan “Tuntas”. (3) Nilai sig. 0,000<0,05 dan thitung sebesar 11,112 > ttabel 1,687, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII reguler di SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon secara signifikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:06
Last Modified: 20 Dec 2022 02:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item