Penerapan Layanan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Yang Bertemperamen (Studi Kasus Di Mts Al-Anwar)

Cucu Nopitasari, (2022) Penerapan Layanan Konseling Individual Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Yang Bertemperamen (Studi Kasus Di Mts Al-Anwar). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
11. COVER - DFTAR ISI jadi.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Konseling individual merupakan layanan konseling yang diselenggarakan oleh konselor terhadap seorang klien dalam rangka pengentasan masalah pribadi klien secara tatap muka dan secara face to face. dari fenomena-fenomena yang telah di amati bahwa anak MTs khusunya kelas VII yang kurang mengerti dan menyadari tentang kontrol diri dan mengontrol emosi dari amarahnya. Sejatinya mempunyai sikap temperamental yang tinggi bukanlah hal yang baru, namun berdasarkan fakta di lapangan hal tersebut justru dapat membuat masa depan siswa terbiasa dalam sikap yang tempramen akibatnya hal ini akan terbawa pada aktivitas-aktivitas yang sifatnya lebih penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan, bagaimana penerapan layanan konseling individual dan untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan layanan konseling individual dalam meningkatkan kontrol diri siswa yang bertemperamen di MTs Al-Anwar Sampiran. Pengertian layanan konseling mempunyai makna spesifik dalam arti pertemuan konselor dengan klien secara individual, dimana terjadi hubungan konseling yang bernuansa rapport, dan konselor berupaya memberikan bantuan untuk pengembangan pribadi klien serta klien dapat menginspirasi masalah�masalah yang dihadapinya. Layanan Konseling Individual yaitu bantuan yang diberikan oleh konselor kepada seorang siswa dengan tujuan berkembangnya potensi siswa, mampu mengatasi masalah sendiri, dan dapat menyesuaikan diri secara positif. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Subjek pada peneletian ini kepala sekolah, guru BK dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas VII di MTs Al-Anwar dapat diketahui tentang penerapan layanan konseling individual dalam meningkatkan kontrol diri yang bertempramen memiliki hubungan yang sangat sangat signifikan. Siswa dapat menyadari kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya selama ini dan dapat memperbaiki atau meningkatkan kestabilan emosinya secara bertahap setelah pelaksanaan layanan konseling individual. Adanya perubahan pada sikap terkait dengan kontrol diri dapat dilihat dari kondusifnya siswa etika sedang bermain, suasana belajar didalam kelas dan dalam menyesuaikan dirinya yang berlangsung baik dilingkungan sekolah, terlihat adanya perkembangan dan perubahan yang positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Individual, Kontrol Diri, Bertemperamen
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:15
Last Modified: 20 Dec 2022 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item