Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A di MTs Negeri 12 Kabupaten Cirebon

Fadhli Uyun, (2022) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A di MTs Negeri 12 Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Karakter dipengaruhi oleh beberapa faktor. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran IPS di sekolah. Dalam hal ini jelas peran motivasi terhadap pembelajaran sangat penting. aktivitas belajar dengan baik. Implementasi pendidikan karakter mencakup sikap dan perilaku seseorang. Mata pelajaran IPS mengandung unsur pendidikan nilai moral seseorang serta dapat membantu siswa agar dapat berfikir kritis, ulet dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pendidikan karakter siswa dalam proses pembelajaran IPS terpadu di di MTs N 12 Kabupaten Cirebon, (2) Motivasi belajar IPS terpadu di di MTs N 12 Kabupaten Cirebon, (3) Pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS terpadu di MTs N 12 Kabupaten Cirebon. Pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS yang mencakup sikap dan perilaku seseorang termasuk faktor internal yang mempengaruhi proses belajar. Motivasi juga termasuk salah satu faktor yang mendorong proses belajar. Oleh karena itu pendidikan karakter pada pembelajaran IPS bersinergi terhadap motivasi belajar IPS. Sebaliknya semakin rendah pendidikan karakter IPS maka semakin rendah motivasi belajar IPS yang diperoleholeh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket kuantitatif, populasi, sampel, analisis data dan studido kumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data angket dan hasil wawancara, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bawhwa : (1) Pengaruh Pendidikan Karakter siswa sebesar 93% termasuk dalam kategori baik. (2)Tingkat motivasi belajar siswa sebesar 88,6% termasuk dalam kategori baik. (3) Nilai sigsebesar 0,000 dan t hitung sebesar 6,582. Karena nilai signifikan lebihkecil dari 0,05 Ho ditolak Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara pendidikan karakter terhadap motivasi belajar, serta koefisien determinasi (R2 ) 0,603 menunjukan prosentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 36,3%. Hal ini menunjukan bahwa 36,3% pendidikan karakter dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa, sedangkan 63,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:51
Last Modified: 20 Dec 2022 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8748

Actions (login required)

View Item View Item