HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 DEPOK KABUPATEN CIREBON

ISNAENI, (2013) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 DEPOK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ISNAENI_59440952_ok-min.pdf

Download (583kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ISNAENI, NIM.59440952 : HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 DEPOK KABUPATEN CIREBON. Pada dasarnya setiap siswa menghendaki proses pembelajaran yang menyenangkan dan hasil belajar yang baik. Menurut penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti, bahwasannya masalah yang dialami oleh siswa yaitu perubahan yang terjadi akibat dari lingkungan belajar.Karena manusia sejak lahir sampai akhir hayat tidak terlepas dari berbagai kontribusi yang berasal dari dalam maupun luar dirinya.Kontribusi tersebut dapat mengarah positif maupun negatif dari lingkungan belajar.Sehingga lingkungan belajar berperan menjadi pusat berlangsungnya pendidikan untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa agar tercapainya keberhasilan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Memperoleh data lingkungan belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok Kabupaten Cirebon, Memperoleh data keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok Kabupaten Cirebon, Memperoleh data adakah hubungan antara lingkungan belajar dengan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok Kabupaten Cirebon. Penelitian skripsi ini didasarkan atas pemikiran bahwa lingkungan belajar sangat penting sekali dan berperan aktif, karena manusia sepanjang hidupnya selalu akan menerima kontribusi dari ketiga lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyrakat. Pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat, orang tua, guru, dan siswa itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan empirik.Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas VIII-D di SMP Negeri 2 Depok Kabupaten Cirebon, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan product moment adalah 0,456 yang berarti ada hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan keberhasilan belajar siswa.Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi, nilai 0.456 termasuk dalam kategori sedang atau cukup tinggi. Dari perhitungan nilai penentu (determinan) hubungan lingkungan belajar dengan keberhasilan belajar siswa sebesar 20,8% dan sisannya 79,2% ditentukan oleh variabel lain. Jika dilihat dari uji-t, diperoleh nilai thitung = 3,441 sehingga thitung lebih besar dari ttabel atau 3,441 > 2,021.Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan lingkungan belajar dengan keberhasilan belajar siswapada mata pelajaran IPS (ekonomi) kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:07
Last Modified: 15 Mar 2017 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item