PENERAPAN METODE COOPERATIVE MODEL SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs NEGERI CILEDUG KABUPATEN CIREBON

ISMI FAUZIAH, (2013) PENERAPAN METODE COOPERATIVE MODEL SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs NEGERI CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ISMI FAUZIAH_58440952_ok-min.pdf

Download (755kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Ismi Fauziah : Penerapan Metode Cooperative Model Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri Ciledug Kabupaten Cirebon Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, guru harus pandai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru juga harus mampu meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswa pun ikut meningkat. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah penggunaan model pembelajaran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran bisa menentukan keberhasilan belajar. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTs Negeri Ciledug, 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTs Negeri Ciledug. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan metode pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya metode pembelajaran Cooperative Script, penggunaan model pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penyerapan materi dan imbasnya akan meningkatkan hasil belajar siswa yang menjadi tujuannya bisa tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-F di MTs Negeri Ciledug yang berjumlah 46 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan metode Cooperative Model Script siswa MTs Negeri Ciledug sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya, perolehan pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM 7 siswa dengan nilai rata-rata 45,9 dan persentase ketuntasannya 15,2%, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 10 siswa dengan nilai rata-rata 52,2 dan persentase ketuntasan siswa 21,7%, pada Siklus II siswa yang mencapai KKM 21 siswa dengan nilai rata-rata 63,9 dan persentase ketuntasannya 45,6%,dan pada siklus III siswa yang yang mencapai KKM 46 siswa dengan nilai rata-rata 75 dan persentase ketuntasannya 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:09
Last Modified: 15 Mar 2017 03:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item