PERSPEKTIF MAX WEBER TENTANG ETOS KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS-EKONOMI

IMUN MUNTAHA HILMI, (2013) PERSPEKTIF MAX WEBER TENTANG ETOS KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS-EKONOMI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMUN MUNTAHA HILMI_59440903_ok-min.pdf

Download (612kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IMUN MUNTAHA HILMI,59440903 :“Perspektif Max Weber Tentang EtosKerjaGuruDalamPembelajaranPendidikanIps-Ekonomi” Pendidikanmerupakan salah satu dari investasi dunia, yang mampu memajukan kesejahtraan masyarakat, menghasilkan generasi anak bangsa yang baik, hal ini dipicu oleh tenaga pengajar yaitu guru yang memiliki etos kerja yang tinggi, pada masa Max Weber di kalangan protestan banyak masyarakat melakukan pekerjaan kurang baik, akan tetapi hadir adanya pemikiran Max Weber upaya solusi pembentukan bagi guru yang kurang semangat dalam mengajar, atau kurang etos kerja pada saat ini zaman moderen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang biografi dan karya-karya Max Weber, teori-teori Max Weber tentang etos kerja guru dalam pembelajaran pendidikan untuk memperjuangkan tenaga pengajar yang mempunyai kesemangatan dalam mengajar, sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, inovatif dan berakhlak mulia. Yang menjadikan pendidikan bertarap nasional bahkan internasional. Sebagai kerangka pemikir, Etos kerja adalah semangat bekerja melakukan pengupayaan pencitraan pembentukan diri dalam dunia pendidikan sehingga menghasilkan keberhasilan dalam belajar.Yang membentuk siswa menjadi manusia sempurna, atau dalam proses memanusiakan manusia. Etos kerja yang di praktekan Weber ketika ingin mencari jatidiri,Weber menerapkan kebiasaan kerja keras untuk menghasilkan tujuan hidup, sehingga mampu meraih gelar profesor. Dan menggambarkan kepada masyrakat kalangan protestan, ajaran calvinisme untuk bekerja keras dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai kecerahan hidup dimasa depan. Penelitian ini dilakukan metodologi penelitian kepustakaan, pengumpulan data, analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan literature (studi pustaka) untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan analisis data dilakukan untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian membuktikan pembentukan, peran Max Weber dalam dunia pendidikan untuk memperjuangkan pembentukan kesemangatan bekerja bagi guru yang bisa menghasilkan pembelajaran lebih baik sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, inovatif, berguna bagi nusa dan bangsa, memiliki masa depan yang cerah dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:13
Last Modified: 15 Mar 2017 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item