EFEKTIFITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR EKONOMI DENGAN PENDEKATAN METODE SIMULASI (BERMAIN PERAN) DI SMAN 1 BABAKAN KABUPATEN CIREBON

IMAM MUDIN, (2013) EFEKTIFITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR EKONOMI DENGAN PENDEKATAN METODE SIMULASI (BERMAIN PERAN) DI SMAN 1 BABAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMAM MUDIN_59440814_ok.pdf

Download (613kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IMAM MUDIN :“Efektifitas Proses Belajar Mengajar Ekonomi Dengan Pendekatan Metode Simulasi (Bermain Peran) Di SMA Negeri 1 Babakan Kabupaten Cirebon” Pembelajaran merupakan kegiatan yang berproses dan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Maka dari itu pemahaman yang benar mengenai arti pembelajaran dan hal-hal yang berkaitan dengannya mutlak diperlukan oleh para pengajar atau pendidik. Pembelajaran ekonomi sangat penting bagi siswa karena siswa diajarkan dan ditanamkan nilai-nilai prinsip ekonomi, sehingga siswa diharapkan mampu menerapkannya pada kehidupan sehari hari. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pembelajaran ekonomi dengan penggunaan teknik Simulasi (Bermain Peran) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas pembelajaran IPS - ekonomi dengan menggunakan metode simulasi (bermain peran) di kelas X SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon. Metode simulasi (bermain peran) adalah metode yang menirukan perilaku seseorang yang diperankannya, sehingga siswa bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari seorang yang diperankannya; siswa memiliki kepribadian serta dapat melakukan interaksi sosial dan komunikasi dalam kelompoknya, di dalam sekolah atau pun lingkungan masyarakat sehingga siswa mampu memecahkan masalah di dalam lingkungan masyarakat atau sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendeskripsian efektivitas pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode simulasi di SMA Negeri 1 Babakan pengumpulan data dianalisis dalam bentuk tabel, grafik dan prosentase, dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada responden (guru dan siswa), dimana responden dipilih dengan teknik purposive non random sampling. Apabila dibandingkan antara hasil belajar siswa, sebelum dan sesudah penerapan metode simulasi (bermain peran) maka, nilai rata-rata meningkat dari 65,4 menjadi 69,81. Sedangkan prosentase siswa yang di atas nilai rata-rata naik dari 32,43% menjadi 59,46% serta prosentase siswa yang tuntas belajar naik dari 48,65% menjadi 72,97%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran ekonomi dengan menggunakan metode simulasi (bermain peran) di SMA Negeri 1 Babakan efektif dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:15
Last Modified: 15 Mar 2017 03:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item