Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Kota Cirebon

Siti Rukoyah, (2022) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam sekolah ini di antaranya yaitu kualitas kinerja guru di MA Madinatunnajah belum sepenuhnya baik, terdapat guru yang memiliki rangkap jabatan, kurangnya sarana dan prsarana untuk menunjang kinerja guru serta kepala sekolah yang belum optimal dalam menjalankan perannya. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah, bagaimana kinerja guru, dan bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Madinatunnajah dengan menggunakan teori (Mulyasa, 2018) mengenai peran kepala sekolah sebagai pemimpin dan teori (Moeheriono, 2012) terkait kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di MA Madinatunnajah dapat diketahui bahwa kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin sudah cukup baik dengan melaksanakan tugas dan perannya sebagai manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Kinerja guru juga cukup baik karena dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Dan kepala sekolah berperan cukup baik dalam meningkatkan kinerja guru dengan melibatkan semua guru dalam setiap kegiatan serta memberikan pelatihan, bimbingan dan arahan untuk meningkatkan kinerjanya. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yakni, kepala sekolah diharapkan untuk terus meningkatkan perannya sebagai pemimpin agar lembaga yang dipimpinnya terus maju kinerja guru meningkat. Untuk guru diharapkan agar senantiasa meningkatkan kinerjanya agar pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:46
Last Modified: 21 Dec 2022 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item