PENERAPAN PENILAIAN AFEKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Losarang

IKE CHOTIMAH, (2013) PENERAPAN PENILAIAN AFEKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Losarang. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IKE CHOTIMAH_58440887_ok-min.pdf

Download (694kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IKE CHOTIMAH : Penerapan Penilaian Afektif Sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi ( Penelitian Tindakam Kelas di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Losarang) Pada observasi awal di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Losarang menunjukan kepercayaan diri siswa rendah. Hal ini disebabkan karena penilaian yang dilakukan oleh guru selama ini adalah penilaian kognitif. Adanya anggapan bahwa ekonomi adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa sehingga membuat pelajaran ekonomi dirasakan sulit dan menegangkan. Tetapi adanya prestasi yang tinggi dari siswa pada pelajaran ekonomi dikarenakan oleh kesiapan mental belajar dari siswa tersebut, dan juga keyakinan siswa akan kemampuan dirinya. Sehingga untuk mencapai hasil yang diinginkan ini peneliti menggunakan penilaian afektif sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penilaian afektif yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui apakah penerapan penilaian afektif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran ekonomi, untuk mengetahui ketercapaian penerapan penilaian afektif sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pembelajaran dengan penilaian afektif merupskan suatu terobosan baru dimana akan membangkitkan sikap dan minat siswa pada pelajaran ekonomi. Berdasarkan tinjauan pustaka penilaian afektif merupakan proses penilaian untuk mengembangkan prestasi yang dicapai oleh siswa sesuai dengan criteria yang ditetapkan. Seorang siswa dapat dianggap sukses secara afektif dalam belajar apabila ia telah menyadari dengan ikhlas akan belajar. Hal ini, akan menyebabkan tumbuhnya rasa percaya diri dalam diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Losarang, subjek pene litian ini berjumlah 38 orang, karena dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data kualitatif digunakan data observasi sikap siswa dan angket penilaian afektif guna meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan melihat porsi positif sikap siswa dan hasil angket setiap siklusnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari tiga siklus dengan materi yang sama, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penilaian afektif diperoleh melalui observasi dari pengamatan selama proses belajar mengajar (PBM) berlangsung dan melalui angket dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan penelitian diperoleh (1) penilaian afektif yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi mencakup indikator sikap, minat, konsep diri, nilai dan moral.(2) penerapan penilaian afektif kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya untuk siklis I 3,1. siklus II 3,3, dan siklus III 3,5 (3) ketercapaia penerapan penilaian afektif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa sudah tercapai. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi on task dan off task yang memiliki porsi positif setiap siklusnya. I pertemuan 1 presentasi on task adalah 40,4% dan off task adalah 59,6% sedangkan pada siklus I pertemuan 2 presenrtasi on task adalah 72,1% dan off task 27,9% dan pada siklus II pertemuan 1 Presentasi on task adalah 88,2% dan off task 11,8 %, dan pada siklus II pertemuan 2 on task 85,9% dan off task 14,1% dan untuk siklus III on task 95% dan off task 5%. Kata Kunci : Penilaian Afektif, Kepercayaan Diri, PTK

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:20
Last Modified: 15 Mar 2017 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item