Peranan Kepala Madrasah dalam Mengoptimalkan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon

Yovi Adiningrum, (2022) Peranan Kepala Madrasah dalam Mengoptimalkan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendayagunaan sarana dan prasarana di sekolah yang masih belum efektif dan efisien, menjadi satu permasalahan penting bagi peran kepala madrasah karena sarana dan prasarana yang ada disekolah perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan kegiatan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam mengoptimalkan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyatul Huda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a). Peran kepala madrasah meliputi EMASLIM yaitu educator, manager, administrator, supervisor, leader, indikator dan motivator dalam EMASLIM ini kepala madrasah mengadakan evaluasi bersama, mencatat apa saja yang kurang dan kurang memadai, mengajukan RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah). b). Kondisi sarana dan prasarana belum terpenuhi. Untuk sarana seperti buku, alat peraga, meja dan kursi sudah memadai. Belum tersedia diantaranya yaitu ruang perpustakaan, ruang kepala madrasah, UKS, dan musholla. Selain itu, masih ada ruangan yang kurang yaitu ruang kelas. c). Hambatan sarana dan prasarana keterbatasan tempat dan dana. Untuk pembelajarannya sendiri d). Proses pembelajaran pembelajaran ini para siswa nyaman mengikuti pembelajaran dan untuk guru sendiri kurang memadai, karena masih kurangnya alat peraga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peranan Kepala Madrasah, Sarana dan Prasarana,Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:35
Last Modified: 21 Dec 2022 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item