UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACTS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 GEGESIK KABUPATEN CIREBON (PTK terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gegesik)

IIS ISMAYANTI, (2013) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACTS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 GEGESIK KABUPATEN CIREBON (PTK terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gegesik). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IIS ISMAYANTI_59440950_ok-min.pdf

Download (628kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IIS ISMAYANTI : Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Teknik Behavior Contracts Pada Mata Pelajaran Ekonomi (PTK Di SMAN 1 Gegesik Kabupaten Cirebon) Dalam rangka membina, membimbing dan memberikan motivasi ke arah yang dicita-citakan, hubungan guru dan siswa harus bersifat edukatif. Interaksi edukatif ini adalah sebagai suatu proses hubungan timbal balik yang memiliki tujuan tertentu, yakni untuk mendewasakan anak didik, setiap guru memiliki setidaknya beberapa siswa yang menantang di kelasnya, seorang anak yang membutuhkan perhatian tambahan dan cara yang insentif untuk mengubah kebiasaan perilakunya. Dia bukan anak-anak nakal, hanya anak-anak yang membutuhkan dukungan ekstra dan disiplin. Kontrak perilaku (behavior contracts ) dapat membantu Anda mengubah perilaku para siswa sehingga mereka tidak lagi mengganggu pembelajaran di kelas. Dengan demikian, perlahan tapi pasti, anda dapat mengendalikan dan melihat perubahan pada anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, memperoleh data tentang upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan teknik bahavior contracts pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Gegesik Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa penerapan teknik behavior Contracts dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih aktif dan dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menurut beberapa ahli mengatakan bahwa dalam satu siklus terdiri atas empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dibutuhkan berupa data teoritik dan empirik. Data teoritik diambil dari sejumlah buku dan referensi lainnya. Sedangkan data empirik diambil dari hasil pengamatan (observasi). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, wawancara dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 6 SMA Negeri 1 Gegesik Kabupaten Cirebon yang berjumlah 34 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang cukup memuaskan dimana hasil akhir siswa, 100% siswa dinyatakan lulus dengan kenaikan pada siklus I sebanyak 50% siswa dinyatakan lulus, pada siklus II sebanyak 64,70% siswa dinyatakan lulus. Dan keaktifan siswa dengan hasil ratarata keaktifan siswa dikelas pada saat siklus I sebanyak 63,23%, siklus II diperoleh data rata-rata keaktifan siswa sebanyak 70,29% atau naik sebesar 7,06% dibandingkan siklus I, dan pada silkus III diperoleh data rata-rata keaktifan siswa sebanyak 78,23% atau naik sebesar 7,94% dibandingkan siklus II. penerapan teknik behavior contracts telah mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:22
Last Modified: 15 Mar 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item