Implementasi Karakter Dengan Sistem Boarding School Di Asrama Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon

Nikka Ayu Puspa, (2022) Implementasi Karakter Dengan Sistem Boarding School Di Asrama Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER NIKKA AYU PUSPA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I NIKKA AYU PUSPA.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V NIKKA AYU PUSPA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA NIKKA AYU PUSPA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Dekadensi moral dalam pendidikan identik dengan perubahan pemerosotan moral serata dengan degradasi dan vandalisme yang pelajar telah akrab dengan segala bentuk penyimpangan sosial mulai dari hal yang paling sepele seperti mencontek, merusak fasilitas sekolah, membully baik fisik maupun verbal, dan ragam kenakalan lain yang tidak mencerminkan kedisiplinan peserta didik yang menyimpang dari karakter bangsa. Sekolah yang seharusnya sebagai media strategis pendidikan baik secara teori dan karakter dalam mengembangkan nilai-nilai keluhuran semata-mata telah kehilangan ruh nya. Penyebab kegagalan pendidikan karakter di sekolah adalah bahwa sekolah masih sebatas pada pendidikan pengetahuan dan pengembangan moral saja, realitasnya belum diterapkan pada penerapan atau implementasi moral yang baik dalam perilaku yang diterapkan. Maka, dengan ini pendidikan melahirkan beberapa inovasi agar terciptanya pendidikan yang lebih komprehensif dengan menjadikan mutu lulusan atau peserta didik menjadi generasi yang paripurna. Hadirnya Boarding School diharapkan mampu menjadi alternatif bagi dunia pendidikan yang diadopsi beberapa sekolah sebagai sarana implementasi dan wadah dalam menunjang proses pendidikan karakter yang bermartabat. Masing-masing sekolah bersistem boarding school dengan beberapa ciri khasnya tiada lain bertujuan menjadikan peserta didik sesuai dengan UUD Sistem Pendidikan Indonesia meskipun dikemas dalam Visi Misi persekolahan dan program yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis secara kritis implementasi karakter, pembaruan nilai-nilai sosial dan hambatan yang diamati karena dorongan internal (dalam) maupun external (luar). Penelitian ini meliputi subjek penelitian di Asrama Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon. Terletak di Jalan Ciwado Cibonteng Blok RT / RW 002/001 Panambangan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Berangkat dari latar belakang peserta didik yang mulai tercemar oleh dekadensi moral, maka subjek penelitian diangkat dengan judul “Implementasi Karakter Dengan Sistem Boarding School di Asrama Ibnu Khaldun Panambangan Kabupaten Cirebon‟‟. Metode penelitian yang dilakukan ialah menggunakan penelitian kualitatif. Data yang dihasilkan merupakan data deskriptif berisi kata-kata baik secara tertulis maupun diucapkan secara lisan oleh narasumber sebagai sumber data yang diteliti. Penelitian kualitatif dinyatakan dalam bentuk teks lisan atau penjelasan untuk menjelaskan fakta-fakta yang diperoleh melalui proses dengan menggunakan teknik analisis secara rinci.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 08:26
Last Modified: 21 Dec 2022 08:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item