PEMBELAJARAN IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TEKA – TEKI SILANG (TTS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA YADIKA KABUPATEN CIREBON

Gani Tino Wibisono, (2013) PEMBELAJARAN IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TEKA – TEKI SILANG (TTS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA YADIKA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
GANI TINO WIBISONO_59440810_ok-min.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Gani Tino Wibisono. 2013. “Pembelajaran IPS Ekonomi Dengan Menggunakan Strategi Teka-Teki Silang (TTS) Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Yadika Kabupaten Cirebon”. Perkembangan yang ada di dunia pendidikan sekarang ini menghendaki suatu pembelajaran dengan pengaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang bertujuan siswa mencari pengetahuan baru dengan sendirinya. Ini dinilai dapat menunjang keberhasilan siswa. Atas dasar ini guru dituntut untuk mampu menggunakan strategi pembelajaran yang baru dalam pembelajaran, tak terkecuali pada mata pelajaran Ekonomi. Pada umumnya para guru memakai strategi hanya pada waktu kegiatan inti pada berlangsungnya pembelajaran. strategi juga diperlukan pada waktu peninjauan ulang karena dengan strategi yang menyenangkan dapat membuat siswa mengingat dengan baik dan diharapkan dengan ingatan yang baik siswa paham. Salah satu strategi peninjauan langsung yang menyenangkan adalah strategi TTS. Strategi TTS adalah strategi yang membantu memperkuat istilah-istilah yang telah dipelajari oleh siswa, strategi ini menggunakan format permainan TTS. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pembelajaran ekonomi dengan penggunaan strategi teka-teki silang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk: 1. Untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pembelajaran IPS - ekonomi dengan penggunaan strategi teka-teki silang di kelas X SMA Yadika Cirebon. 2. Untuk memperoleh data tentang tingkat hasil belajar IPS - ekonomi dengan menggunakan strategi teka-teki silang di kelas X SMA Yadika Cirebon. 3. Untuk memperoleh data tentang pengaruh terhadap hasil belajar IPS - ekonomi dengan menggunakan strategi teka-teki silang di kelas X SMA Yadika Cirebon. Teka-Teki Silang adalah strategi pembelajaran untuk meninjau ulang (review) materi-materi yang sudah disampaikan. Peninjauan ini berguna untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat-ingat kembali materi apa yang telah disampaikan. Sehingga, peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik (Soepatno, 1000:80) Untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara : 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Angket, 4. Studi Dokumentasi dan 5. Tes. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi TTS dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (responden) dengan hasil 66,37% yang menjawab Setuju. Maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan stategi Teka-Teki Silang (TTS) dalam pembelajaran IPS Ekonomi sebagian siswa setuju dengan menjawab option Setuju sebesar 66,37% dikatakan cukup. Hasil belajar siswa dengan menggunakan TTS sebesar 80,3 dengan kategori baik. Maka, pengaruh Strategi Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Yadika Cirebon bertanda positif. Ini berarti terdapat implikasi yang positif (searah) antara penggunaan strategi teka-teki silang dan hasil belajar siswa dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,1 (korelasi sangat tinggi). Sehingga, semakin tinggi penggunaan strategi teka-teki silang maka semakin tinggi juga hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Ekonomi di kelas X SMA Yadika Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:29
Last Modified: 15 Mar 2017 03:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item