Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Majalengka

Desti Yuliani, (2022) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Majalengka. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Peningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah adanya sarana dan prasarana pendidikan yang merupakan bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka semua fasilitas pendidikan tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif, efisien dan tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, dan Guru. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Majalengka adalah (1) implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam proses manajemen sarana dan prasarana ini sudah melakukan prosedur dengan jelas, dimulai dari proses kegiatan perencanaan, pengadaan, pendistribusian, pengadaan, Inventarisasi, pemeliharaan dan penghapusan. (2) mutu pendidikan yang sangat baik dilihat dari 8 standar yaitu kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. (3) Hambatan yang dihadapi dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan yaitu keterbatasan dana.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen sarana dan prasarana, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:16
Last Modified: 22 Dec 2022 01:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item