PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DI SMK PAKUNGWATI KOTA CIREBON

FITRI NURJANAH, (2013) PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DI SMK PAKUNGWATI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRI NURJANAH_59440900_ok-min.pdf

Download (616kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

FITRI NURJANAH:“Penerapan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di SMK Pakungwati Kota Cirebon” Dewasa ini cukup sulit dalam menemukan pendidikan yang mempelajari tentang keunggulan lokal masing-masing daerah.Di SMK Pakungwati Kota Cirebon satu (1) dari sekian jumlah sekolah yang masi mempertahankan keunggulan budaya lokalnya, yaitu mempelajari Seni Tari Topeng, Seni Tari Topeng merupakan asli kesenian Cirebon, Namun dalam penerapan pendidikan keunggulan lokal di SMK Pakungwati Kota Cirebon masih menemukan beberapa kendala. Untuk itu penulis ingin mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapai dalam pendidikan keunggulan lokal. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh data tentang nilai-nilai budaya yang terkandung dalam penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal. (2) memperoleh data tentang pelaksanaan penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal di SMK Pakungwati Kota Cirebon. (3) memperoleh data tentang kendala-kendala dalam penerapan pendidikan berbasis keunggulan lokal di SMK ePakungwati Kota Cirebon.(4) memperoleh data tentang respon siswa dalam penerapan pendidikan berbasis keunggulan Lokal di SMK pakungwati Kota Cirebon Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa salah satu ukuran keberhasilan sekolah adalah output lembaga pendidikan yang terampil dan diterima masyarakat yang sesuai keahlian yang didapat di lembaga pendidikan. Dengan demikian, pendidikan berbasis keunggulan lokal menjadi penting untuk direalisasikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Prosedur yang digunakan penulis dalam penelitian ini meliputilangkahlangkah: perencanaan penelitian, observasi, wawancara/interview, angket, dan studi dokumentasi, serta melalui pendekatan deskriptif kualitatif mSubjek pebelitian dalam skripsi yaitu guru dan seluruh siswa SMK Pakungwati Kota Cirebon . Teknik analisis data dengan jenis data yang diperoleh melalui angket dianalisis menggunakan rumus prosentase

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:31
Last Modified: 15 Mar 2017 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item