Eksplorasi Desain Didaktis Pada Materi Fungsi Komposisi Berbantuan Scaffolding Siswa Kelas X SMA

Raden Melisa Suci Solekha, (2021) Eksplorasi Desain Didaktis Pada Materi Fungsi Komposisi Berbantuan Scaffolding Siswa Kelas X SMA. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle siswa dan bagaimana implementasi desain didaktis konsep materi fungsi komposisi berbantuan scaffolding serta bagaimana desain empiric (revisi) yang terbentuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan desain didaktis. Teknik pengumpulan data berupa: observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Kota Cirebon sebanyak 36 orang. Tahap penelitian ini tedapat 3 tahapan, yaitu tahap prospektif, tahap metapedadidaktik, dan tahap retrosfektif. Tahap prosfektif adalah tahapan menganalisis learning trajectory, learning obstacle, dan membuat desain didaktis awal. Tahap metapedadidaktik adalah tahapan mengimplementasikan desain didaktis yang dibuat, kemudian menganalisis hasil implementasi yang telah dilakukan. Tahap retrosfekif adalah tahapan menganalisis desain didaktis awal dengan hasil implementasi desain didaktis, kemudian hasilnya akan dibuat sebagai desain didaktis revisi atau desain empiric. Implementasi desain didaktis dilakukan selama 2 pertemuan dengan pertemuan pertama bertujuan: siswa dapat menentukan konsep fungsi komposisi dan menentukan salah satu fungsi apabila fungsi komposisi diketahui. Pertemuan kedua betujuan: siswa dapat menentukan konsep komposisi tiga fungsi. Hasil desain empiric tidak jauh berbeda dengan desain didaktis awal karena masih terdapat 2 learning obstacle yang muncul terkait konsep dan materi prasyarat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Learning obstacle, Desain didaktis, Fungsi komposisi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:56
Last Modified: 22 Dec 2022 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8863

Actions (login required)

View Item View Item