PENGARUH BIMBINGAN KECAKAPAN PERSONAL TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK DIDIK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kasokandel Kabupaten Majalengka)

DEWI NUR ASIAH, (2013) PENGARUH BIMBINGAN KECAKAPAN PERSONAL TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK DIDIK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kasokandel Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI NUR AISAH_59440858_ok-min.pdf

Download (681kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

DEWI NUR ASIAH : Pengaruh Bimbingan Kecakapan Personal Terhadap Peningkatan Perilaku Sosial Anak Didik (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kasokandel Kabupaten Majalengka) Tuntutan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik merupakan kebutuhan masyarakat. Kemampuan bertanggung jawab, mengahargai dan menilai diri, menggali informasi dan mengolah informasi, mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Latar belakang sosial keluarga untuk menetukan perilaku sosial siswa, karena lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap proses perkembangan dan masa depan siswa. Dengan adanya bimbingan Personal Skill (kecakapan personal) diberikan sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan atau kecakapan secara individu agar masing-masing anak atau siswa mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya masing-masing untuk dapat hidup secara mandiri Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses bimbingan kecakapan personal yang diterapkan di SLTPN 1 Kasokandel, untuk mengetahui perilaku sosial siswa kelas VII di SLTPN 1 Kasokandel dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kecakapan personal terhadap peningkatan perilaku sosial siswa kelas VII di SLTPN 1 Kasokandel. Kecakapan personal (personal skill) adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk memiliki kesadaran atas eksistensi dirinya dan kesadaran akan potensi dirinya. Kesadaran akan potensi diri adalah kesadaran yang dimiliki seseorang atas kemampuan dirinya. perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan penulis menggunakan beberapa pendekatan teknik pengumpulan data yaitu diantaranya melalui Observasi, Wawancara Dokumentasi dan Angket. Penyebaran angket disebarkan kepada responden yang berjumlah 40 siswa kelas VII. Dari hasil penelitian, dapat dilihat dari pada taraf signifikansi 5% diperoleh = 2,00 dan ternyata lebih besar dari atau 5,89 > 2,00 dengan N = 40. Hal ini juga ditunjukkan dari korelasi sebesar 0.9946 yang dinilai sangat tinggi, karena berada pada interval angka korelasi 0,800-1,000. Dan besarnya peningkatan perilaku sosial anak didik di SMPN 1 Kasokandel turut ditentukan atau dipengaruhi oleh bimbingan kecakapan personal sebesar 98, 92%, sedangkan sisanya 1,08% ditentukan faktor lain

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:37
Last Modified: 15 Mar 2017 03:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item