UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TOPICAL REVIEWPADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SATU ATAP AL-MA’RIFAH KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON

Dede Tutin I, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TOPICAL REVIEWPADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SATU ATAP AL-MA’RIFAH KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEDE TUTIN INDRAYANTI_59440940_ok.pdf

Download (790kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Dede Tutin I: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Topical Review pada Mata Pelajaran IPS di MTs Satu Atap Al-Ma’rifah Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. ” Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa proses pembelajaran di kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Satu Atap kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon adalah guru selalu menerangkan materi sampai habis jam pelajaran sedangkan siswa tidak diberi kesempatan untuk berpikir, mengunakan pengetahuan untuk saling mengajari satu sama lain atau untuk menjawab pertanyaan sehingga menyebabkan apa yang telah mereka pelajari mengendap di otak sehingga pelajaran mudah terlupakan.Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tetang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Topical Review. Strategi pembelajaran aktif tipe topical review merupakan suatu strategi untuk membantu siswa mengingat kembali apa yang dipelajari dalam setiap topik atau unit pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Topical Riview pada mata pelajaran IPS Sejarah, aktifitas siswa dalam penerapan strategi pembelajaran Topical Review pada mata pelajaran IPS Sejarah dan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Active Tipe Topical Review pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kebon Kelapa Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Tipe Topical Review pada mata pelajaran IPS Sejarah kelas VII MTs SA Al-Ma’rifah Kebon Kelapa Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon yang terdiri dari 3 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas VII berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif tipe topical review pada mata pelajaran IPS Sejarah sebesar 52,87% dengan kriteria cukup. 2) Aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 65% dengan kriteria cukup aktif, Siklus II diperoleh rata-rata 81,25 % dengan kriteria aktif dan siklus III diperoleh rata-rata 83, 75% dengan kriteria aktif. 3) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe topical review diperoleh nilai rata-rata kelas 58,3, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,1%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,14 dengan persentase ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,1%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata 80,5 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,8%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:39
Last Modified: 15 Mar 2017 03:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item