PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DIKELAS 8E SMPN 15 KOTA CIREBON TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sutomo, (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DIKELAS 8E SMPN 15 KOTA CIREBON TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menerapkan strategi pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran matematika, 2) Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan strategi peta konsep pada materi bangun ruang sisi datar, 3) Mengetahui efektifitas penerapan strategi peta konsep pada mata peelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas 8E SMPN 15 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 34 Peserta Didik. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi dan angket. Adapun tes yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 8 item untuk mendapatkan data yang kuantitatif guna mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas 8E, Observasi yang dilakukan peneliti adalah kemampuan guru dalam mengelola Strategi Pembelajaran Pada Bangun Ruang Sisi Datar pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan Angket merupakan teknik pengumpulan data yang diberikan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Peneliti memberi angket kepada siswa dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi pembelajaran peta konsep. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan strategi peta konsep diterapkan di kelas VIII E. siswa berlatih untuk membuat dan mempresetasikan hasil peta konsep yang telah disusun sendiri sehingga lebih mudah dalam mengingat rumus dan konsep matematika. 2) Hasil belajar siswa setelah dianalisis menggunakan uji t diperoleh nilai

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Bangun Ruang Sisi Datar, Peta Konsep
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:36
Last Modified: 22 Dec 2022 04:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item View Item