PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA

Muhammad Ilham, (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan pada abad 21 ini siswa dituntut untuk menguasai 4C yaitu: Critical Thinking, Comunication, Colaboration, dan Creativity. Sedangkan berdasarkan hasil PISA dan TIMSS pada tahun 2015 hasil kemampuan literasi matematika di indonesia masih dibawah rata-rata yaitu menempati posisi 62 dari 72 negara, itu dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat dan juga kurangnya percaya diri siswa dalam mengerjakan soal literasi matematika. Maka dari itu salah satu cara dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika dan self efficacy siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematika dan self efficacy siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT), kemudian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika dan self efficacy siswa, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Metode penelitian ini adalah kuasi ekspeimen denga pendekatan kuantitatif dan desain penelitian ini adalah Pretest-Posttes Control Desain. Penelitian ini mengambil populasi kelas VII A sebagai kelas eksperimen serta teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika, bahwa rata-rata nilai tes kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen adalah 90,92. Adapun nilai tertinggi di kelas eksperimen diperoleh oleh siswa dengan kode R-6, R-9, R-14, R-16, R-19, R-22, R-24 dan R-25 dengan nilai 100, dan nilai terendah diperoleh oleh siswa dengan kode R-18 dengan nilai 81, dan self efficacy siswa Perolehan perhitungan perdimensi respon angket self efficacy, rincianya adalah dimensi level sebesar 76% (kuat), dimensi generality sebesar 69% (kuat), dimensistrength sebesar 67% (kuat). Kemudian pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap kemampuan literasi matematika dan self efficacy siswa Berdasarkan Uji Theta (Ɵ) kemampuan literasi matematika dan self efficacy siswa terhadap pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif diketahui asymp.sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis diterima”. Sehinga dapat disimpulkan pula bahwa “Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap kemampuan literasi matematika siswa dan Self Efficacy Siswa”. Kemudian hasil respon siswa terhadap penerapan model pemebelajaran ooperatif tipe team games tournament (TGT), Adapun angket respon ini disusun berdasarkan aspeknya, di antaranya: (1) aspek kemudahan (2) peran kelompok (3) Kemandirian (4) Peran Guru (5) menantang (6) Ketertarikan. Perolehan penghitungan respon siswa per aspek terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT), rinciannya adalah kemudahan 84% (Sangat Kuat), peran kelompok 86% (Sangat Kuat), Peran guru 78% (kuat), menantang 87% (Sangat Kuat), ketertarikan 81% (Sangat Kuat), yang artinya siswa sangat setuju dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament, Literasi Matematika, Self Efficacy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:48
Last Modified: 22 Dec 2022 04:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item