ANALISIS KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA SE-KABUPATEN KUNINGANAN DALAM PEMANFAATAN PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMIC

Aliyah Kismeina, (2021) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA SE-KABUPATEN KUNINGANAN DALAM PEMANFAATAN PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMIC. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada masa pandemic COVID-19 adalah mengharuskan pendidik melakukan kegiatan mengajar di rumah. Pendidik harus dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran daring. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru matematika dalam pemanfaatan platform pembelajaran online; mengetahui platform yang sering digunakan; mengetahui kelebihan dan kekurangan dari platform yang digunakan; mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran online masa pandemic; dan untuk mengetahui bagaimana kualitas pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 122 guru matematika se-Kabupaten Kuningan dengan jumlah 44 sekolah (9 Negeri dan 35 swasta). Peneliti menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan sampel sebanyak 25 guru di SMK Se-Kabupaten Kuningan dari 10 sekolah (5 negeri dan 5 swasta). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam konteks TIK masuk dalam kategori “Kurang Baik” dengan menggunakan Platform WhatsApp, Google Form, Google Classroom, E-learning/ LMS, dan Google Drive; karena dapat diakses dan terhubung tanpa dibatasi oleh jarak dan ruang, sedangkan untuk kekurangannya adalah Platform tersebut hanya bisa diakses oleh smartphone andorid di atas Versi 4.0 (Kitkat)/ laptop dan harus terkoneksi dengan internet; hambatan yang dialami yaitu tidak semua siswa memiliki smartphone yang memadai, kendala kuota, dan sinyal. Para siswa juga kesulitan memahami materi, kurang konsentrasi, kehilangan semangat belajar dan motivasi; kualitas pembelajaran cenderung menurun, dan nilai-nilai karakter menurun, selain itu pencapaian siswa pada masa pandemic banyak yang belum mencapai nilai KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah, dan juga ditunjukkan data hasil nilai rapor siswa yang fluktuatif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pandemic, Pembelajaran Online, Platform, Matematika, TPACK, Kualitas Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 05:03
Last Modified: 22 Dec 2022 05:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8905

Actions (login required)

View Item View Item