PENGEMBANGAN LEAFLET DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN RANDOM DAILY RESTATING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Anita Syafianti, (2022) PENGEMBANGAN LEAFLET DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN RANDOM DAILY RESTATING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran leaflet dengan teknik random daily restating merupakan media pembelajaran dalam bentuk bahan ajar cetak satu lembar, yang berisikan informasi mengenai materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat dengan desain menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar. Selain itu, di dalam leaflet ini disisipkan ciri khas dari teknik pembelajaran random daily restating yaitu berupa soal ujian yang urutan pengerjaanya diacak sesuai dengan nomor telepon siswa masing-masing. Tujuan pengembangan leaflet ini yaitu untuk menghasilkan leaflet dengan teknik random daily restating, mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model 4D Thiagarajan, Semmel, and Semmel. Model pengembangan 4D terdiri atas Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 1 dan 2 di SMK Pariwisata Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan dan penelitian ini yaitu angket validasi leaflet, angket respon siswa, lembar observasi perilaku cheating, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Berdasarkan data uji kevalidan media pembelajaran leaflet dengan teknik pembelajaran random daily restating memperoleh skor rata-rata dari ketiga ahli (media, bahasa, dan materi) sebesar 86% dengan kategori sangat valid, sedangkan tingkat kepraktisan diukur dengan angket respon siswa menunjukkan rata-rata 85% dari 27 responden dengan kategori sangat praktis, adapun hasil dari tingkat keefektifan yang diperoleh dari hasil t-test independent belajar siswa sebesar sig. (2-tailed) = 0,002 yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen (yang menggunakan media leaflet) dengan belajar kelas kontrol (yang menggunakan media konvensional). Hasil n-gain persen menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen sebesar 77.88% dan pada kelas kontrol sebesar 56.53%. adapun hasi dari soal penugasan yaitu sebanyak 77% siswa di kelas eksperimen tuntas dalam mengerjakan soal penugasan, sedangkan pada kelas kontrolhanya sebesar 21% siswa yang tuntas. Penelitian ini diperkuat dengan lembar observasi perilaku cheating untuk mengetahui keefektifan teknik pembelajaran random daily restating dapat mengurangi kebiasaan siswa dalam berbuat cheating, hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan jumlah siswa yang semula ada 9 dari 11 indikator lembar observasi yang menunjukkan frekuensi lebih dari 8 orang siswa kini menjadi hanya 2 dari 11 indikator indikator lembar observasi yang menunjukkan frekuensi lebih dari 8 orang siswa. Diperkuat dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan hasil sebesar 85% artinya guru sudah menerapkan teknik pembelajaran random daily restating dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Leaflet, Teknik pembelajaran random daily restating, Perilaku Cheating
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:27
Last Modified: 22 Dec 2022 06:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8912

Actions (login required)

View Item View Item