UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERKOPERASI (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Karangsembung Kabupaten Cirebon)

ANNISA FITRI, (2013) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERKOPERASI (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Karangsembung Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANNISA FITRI_59440894_ok-min.pdf

Download (773kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ANNISA FITRI : Upaya Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa Dalam Pengembangan Kemampuan Berkoperasi (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Karangsembung Kabupaten Cirebon) Kewirausahaan dalam pengembangan kemampuan berkoperasi sebagai pembelajaran siswa di SMP Negeri 1 Karangsembung mempunyai tujuan bukan hanya siswa mengetahui kewirausahaan tetapi lebih dari itu siswa diharapkan berwirausaha baik ketika masih duduk di bangku sekolah terlebih lagi ketika siswa sudah lulus sekolah. Ini akan merubah mindset siswa dari lulus mencari kerja menjadi lulus menciptakan lapangan kerja. Dalam pembelajaran kewirausahaan bukan hanya teori yang diberikan, tetapi juga ada keterampilan dan praktik dari kewirausahaan melalui koperasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tentang upaya pembentukan kewirausahaan siswa dalam pengembangan kemampuan berkoperasi” di SMP Negeri 1 Karangsembung, untuk mengetahui respon siswa terhadap kewirausahaan di SMP Negeri 1 Karangsembung dan untuk mengetahui Minat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Karangsembung. Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Karangsembung Kabupaten Cirebon, bahwa siswa sudah memiliki motivasi dan bakat untuk berwirausaha dengan baik. Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang upaya pembentukan kewirausahaan siswa dalam pengembangan kemampuan berkoperasi. Dengan menggunakan koperasi di sekolah merupakan alternatif sebagai motivasi dan kreatifitas dapat menumbuhkan pembentukan kewirausahaan siswa dalam pengembangan kemampuan berkoperasi, sehingga mendapatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kwalitatif yang digunakan untuk mengetahui fenomena dalam kehidupan sosial secara mendalam, mengidentifikasi masalah dengan mewawancarai sejumlah informen, apapun jawaban informen maka, itulah yang akan diidentifikasi, dikategorisasi, dianalisis dan dicari jalan keluarnya oleh peneliti. Dengan teknik pengumpulan data, observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsembung. Hasil dari penelitian ini Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata sekor angket di atas, dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan dan penelitian upaya pembentukan karakter kewirausahaan siswa dalam pengembangan kemampuan berkoperasi Dinilai baik. Hal ini dilihat dari hasil perolehan Prosentase sebesar 68,44% yang berarti lebih dari setengah jumlah rata-rata responden. Maka penulis mengklarifikasi sekor sekala angket bahwa di SMP Negeri 1 Karangsembung menggunakan fasilitas koperasi sekolah sebagai wadah siswa-siswa SMP Negeri 1 Karangsembung untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha melalui koperasai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:48
Last Modified: 15 Mar 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item