PENGARUH VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

Wida, (2022) PENGARUH VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan dan menerapkan matematika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Agar siswa dapat merumuskan dan menerapkan matematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual siswa harus paham dulu mengenai konsep matematika salah satunya konsep lingkaran, karena dalam konsep lingkaran ini kebanyakan siswa masih kesulitan menyelesaikan soal kontekstual. Dalam pemahaman konsep lingkaran dapat menggunakan berbagai metode dan bantuan aplikasi, salah satunya menggunakan media pembelajaran berupa video interaktif berbantuan geometer’s sketchpad. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif berbantuan geometer’s sketchpad terhadap kemampuan literasi matematika siswa (2) mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika antara pembelajaran menggunakan video dengan pembelajaran konvensional (3) mengetahui respon siswa terhadap video yang digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini terbatas pada materi yang dimuat yaitu hanya materi lingkaran kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan desain yang digunakan adalah pretest posttest non-equivalent control group dengan subjek siswa kelas VIII-A dan VIII-B MTs Siti Khadijah Sindangwangi-Majalengka tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Data diperoleh dengan cara memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa. Kemudian angket disebarkan kepada kelas VIII-A untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video interaktif saat pembelajaran yang selanjutnya data-data tersebut dianalisis dengan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif terhadap kemampuan literasi matematika dilanjut uji independent t test untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika, dan yang terakhir menghitung persentase hasil angket. Adapun hasilnya adalah : (1) hasil uji regresi menunjukkan nilai Sig. 0,001 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penggunaan video interaktif berbantuan geometer‟s sketchpad terhadap kemampuan literasi matematika siswa, (2) hasil uji independent t test menunjukkan nilai Sig. 0,01 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa antara pembelajaran menggunakan video dengan pembelajaran konvensional, (3) dari hasil perhitungan persentase angket respon siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 76% dengan kriteria baik artinya pembelajaran menggunakan video interaktif berbantuan geometer’s sketchpad mendapat respon yang baik dari siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif, Geometer’s Sketchpad, Literasi Matematika, Lingkaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:16
Last Modified: 23 Dec 2022 01:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8933

Actions (login required)

View Item View Item