EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Lu'lu Fauziyah Nurkhotimah, (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika adalah dengan penggunaan media animasi powtoon agar terciptanya lingkungan belajar yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media animasi powtoon, untuk menganalisis respon peserta didik terhadap media animasi powtoon, untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media animasi powtoon, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media animasi powtoon terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan desain pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada MTs Al-Bannaa Cikalahang kelas VII. Penelitian dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik menggunakan bantuan media animasi powtoon pada mata pelajaran matematika materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Al-Banna Cikalahang telah diselenggarakan dengan hasil penggunaan media animasi powtoon efektif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan pada nilai kumulatif persentase angket respon siswa yaitu sebesar 76% dengan kriteria efektif dan perolehan angket minat sebesar 58,38% sebelum penggunaan media animasi powtoon dengan kriteria cukup serta 74,76% sesudah dengan penggunaan media animasi powtoon dengan kriteria baik. Terdapat pebedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest matematika hal ini dapat ditunjukkan pada nilai rata-rata pretest sebesar 35,24 sedangkan posttest sebesar 72,14 selain itu hasil uji t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. Sedangkan hasil rata-rata nilai N-Gain diperoleh sebesar 56,95% termasuk kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi powtoon efektif meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi Powtoon, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:41
Last Modified: 23 Dec 2022 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8938

Actions (login required)

View Item View Item