PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs AL-WAHDAH SUMBER KABUPATEN CIREBON

ANI NURUL FITRIYANI, (2013) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs AL-WAHDAH SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANI NURUL FITRIYANI_59440937_ok-min.pdf

Download (630kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ANI NURUL FITRIYANI : Penerapan Metode Cooperative Learning Model Time Token dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs AL-Wahdah Sumber Cirebon. Latar belakang masalah pembelajaran IPS menjadi kurang menarik adalah pelajaran yang luas, materi yang banyak, materi berupa hafalan, bahkan mengajar yang monoton hanya ceramah dan menulis saja. Bahkan kriteria ketuntasan belajar IPS yaitu dengan nilai 70, tetapi siswa hanya mampu mencapai nilai ketuntasan belajar IPS rata-rata 60 dari 40 siswa . Proses pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik secara langsung dan aktif sehingga peserta didik tidak mendapat kesan yang menarik dari proses pembelajaran. Penggunaan metode belajar yang kurang melibatkan peserta didik aktif turut menjadi faktor pendukung ketidakmenarikan pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penerapan metode Cooperative Learning model Time Token dan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta peningkatannya pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Wahdan Sumber Cirebon. Siswa berani bertanya serta menjawab masalah yang ada pada setiap pembelajaran dari guru dengan mengemukakan pendapatnya sehingga belajar akan belajar dengan penuh keseriusan. Penelitian ini didasarkan atas pemikiran belajar merupakan suatu keharusan bagi semua siswa. Untuk hasil yang baik harus menggunakan metode yang relevan dalam proses pembelajaran agar hasil belajar siswa memuaskan, sehingga siswa mampu memecahkan permasalahan yang ada, dan ketrampilan (bertanya, menjawab,dan mampu bekerja sama serta bertukar pendapat dalam proses belajar). Karena hal ini dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Melalui penerapan metode Cooperative Learning model Time Token diharapkan siswa aktif dalam mengeksplorasi pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mengacu apa yang dilakukan seorang guru di dalam kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, angket. Hasil dari penelitian dengan menggunakan penerapan metode Cooperative Learning model Time Token di MTs Al-Wahdah Sumber Cirebon termasuk dalam kategori cukup baik karena dari perhitungan angket tentang penerapan metode Cooperative Learning model Time Token mencapai prosentase 68,5% (sebagian seluruhnya) berdasarkan kriteria 68,5% terletak diantara 60%- 69%. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu termasuk dalam kategori baik karena mencapai rata-rata kelas sebesar 75,5 berdasarkan kriteria 75,5% terletak diantara 70%-79%. dengan ketuntasan belajar 82,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:50
Last Modified: 15 Mar 2017 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item