PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Sri Nur'aeni, (2022) PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Cirebon. Secara khususnya tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa serta mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEM-PjBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sampel 35 siswa kelas X dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai posttest siswa sebesar 79,83 lebih besar daripada hasil pretest yaitu 30,81 pada kemampuan berpikir kritis siswa, dan perbandingan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada posttest diperoleh hasil sebesar 81,33 lebih besar daripada hasil pretest 32,00. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain, hasil perhitungan uji N-Gain diperoleh rata-rata hasil sebesar 0,71 pada kemampuan berpikir kritis siswa dan termasuk kategori tinggi. Pada kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,72 dan termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi trigonometri sesudah menerapkan model pembelajaran STEM-PjBL pada kelas X IPS 4 di MAN Cirebon 1.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: STEM, PJBL, Berpikir Kritis, Berpkir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:16
Last Modified: 23 Dec 2022 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8945

Actions (login required)

View Item View Item