PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MTs NU PUTRI 3 BUNTET PESANTREN

Atiatul Fauziah, (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA MTs NU PUTRI 3 BUNTET PESANTREN. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa. Guru memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar sehingga menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Selain tugasnya mengajar, guru juga dituntut untuk mempunyai keahlian lain yang dapat memberikan pengaruh positif yang dapat membangun pemahaman siswa salah satunya adalah kompetensi pedagogik serta kemampuan pemahaman materi (konten), apabila keduanya digabung maka akan menjadi kemampuan konten pedagogik (pedagodical content knowledge). Semakin baik kompetensi konten pedagogik guru maka semakin baik pula kemampuan mengajar yang akan dimilikinya. Hal ini akan meningkatkan persepsi siswa tentang pedagogical content knowledge guru ke arah positif dan kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pedagogiocal content knowledge guru matematika terhadap pemahaman matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas VII MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon pada Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 321 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel tersebut masing-masing kelas mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian dengan pengambilan 10% siswa tiap kelasnya. Teknik analisisnya yaitu dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata persepsi siswa tentang pedagogical content knowledge guru matematika adalah 76,5% dengan kategori kuat, dan skor rata-rata pemahaman matematika siswa adalah 75,4 dengan kategori baik. Hasil dari uji regresi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 64,650 > 2,69 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikn antara persepsi siswa tentang pedagogical content knowledge guru matematika terhadap pemahaman matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, PCK, Pemahaman Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:47
Last Modified: 23 Dec 2022 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8948

Actions (login required)

View Item View Item