PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Siti Ledy Napisah, (2022) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kunci sebuah awal keberhasilan dari pembelajaran matematika. Agar tujuan pembelajaran tercapai, guru harus menciptakan pembelajaran yang bermakna yang melibatkan siswa secara aktif, tentunya dengan pemilihan model dan pendekatan yang tepat. Aritmatika sosial adalah materi esensial di sekolah menengah pertama (SMP), siswa perlu memahami konsep dan mengaitkan dengan masalah relevan. Model PjBL terintegrasi STEM dapat diupayakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Ciledug sebelum dan setelah diterapkannya model PjBL terintegrasi STEM, (2) Mengetahui pengaruh model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (3) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model PjBL terintegrasi STEM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciledug tahun ajar 2021/2022 sebanyak 158 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII A SMP Negeri 2 Ciledug sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Terjadi perbedaan dan peningkatan yang signifikan nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diterapkannya model PjBL terintegrasi STEM dari nilai pretest yaitu 33,33 yang meningkat dengan rata-rata nilai posttest menjadi 71,17. Berdasarkan hasil uji n-gain, menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 90% yang didoinasi oleh kategori sedang. (2) Hasil uji persamaan regresi linear sederhana nilai sig 0,000 < 0,005 artinya terdapat pengaruh signifikan antara model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (3) Respon siswa terhadap penerapan model PjBL terintegrasi STEM sebesar 71,8% dengan kategori cukup baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, PjBL, STEM, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:55
Last Modified: 23 Dec 2022 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item