PENGARUH PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di MTs NU PUTRA 2 Buntet Pesantren Cirebon)

AKHMAD TAUFIK, (2013) PENGARUH PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di MTs NU PUTRA 2 Buntet Pesantren Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AKHMAD TAUFIK_59440891_ok-min.pdf

Download (629kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

AKHMAD TAUFIK : Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), memiliki posisi yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren, guru hanya menggunakan metode ceramah, guru hanya meminta siswa untuk mencari penyelesaian suatu masalah dan tidak pernah mengajak siswa untuk menyelesaikannya dengan diskusi atau tanya jawab yang mengakibatkan siswa lebih bersifat pasif dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Hal ini memicu kebosanan dan kurangnya semangat siswa dalam belajar, walaupun pada dasarnya siswa tersebut sudah cukup mengerti dengan apa yang disampaikan guru kepada mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru dalam mengembangkan komunikasi pembelajaran, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dan seberapa besar pengaruh peran guru dalam mengembangkan komunikasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon. Komunikasi efektif dalam pembelajaran merupakan proses transformasi pesan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi dari pendidik kepada peserta didik, dimana peserta didik mampu memahami maksud pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, sehingga menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menimbulkan perubahan tingkah laku menjadi lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel siswa kelas VIII berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Seluruh pengujian penelitian dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 19, dengan hipotesis penelitian, Ha: ada pengaruh peranan guru dalam mengembangkan komunikasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Cirebon. Berdasarkan data hasil angket penelitian diketahui bahwa peran guru dalam mengembangkan komunikasi pembelajaran tergolong cukup (56,91%) yakni berada pada kategori 55%-74%. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS tergolong kategori baik dilihat dari hasil nilai rapor dengan rata-rata nilai 76, nilai tersebut berada diantara 66-76. Sedangkan berdasarkan hasil uji regresi, maka diperoleh sig = 0,050 dengan ∝ = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara peran guru dalam mengembangkan komunikasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon, pada taraf kesalahan 5%. Pengaruh Peran Guru Dalam Mengembangkan Komunikasi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kasus Pada Kelas VIII Di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:54
Last Modified: 15 Mar 2017 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item