ANALISIS PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING BERDASARKAN BIG FIVE PERSONALITY

Maena Wulandari, (2022) ANALISIS PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING BERDASARKAN BIG FIVE PERSONALITY. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran kepribadian siswa berdasarkan big five personality, perilaku prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning, faktor yang melatarbelakangi perilaku prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning, dan upaya guru dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B yang berjumlah 37 siswa dan satu guru matematika di SMPN 7 Kota Cirebon. Instrumen yang digunakan yaitu skala prokrastinasi akademik siswa dalam pelajaran matematika berbasis e-learning dan skala big five personality. Hasil penelitian mendapati sebesar 2,5% siswa memiliki dimensi kepribadian neuroticism, 2,5% siswa memiliki dimensi extraversion, 27,5% siswa memiliki dimensi kepribadian agreeableness, 5% siswa memiliki dimensi kepribadian conscientiousness, dan 32,5% siswa memiliki kepribadian openness to experience. Perilaku prokrastinasi yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning berdasarkan big five personality yaitu perilaku menunda mengerjakan tugas matematika di e-learning, melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat, dan menumpuk tugas matematika di e-learning yang diberikan oleh guru. Faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning berdasarkan big five personality yaitu kecemasan, perfeksionis, rendahnya percaya diri, takut akan kesuksesan/takut gagal, manajemen waktu, pengaruh teman sebaya/lingkungan, penghindaran terhadap tugas, menyalahkan orang lain, kondisi fisik individu, kondisi psikologis individu, gaya pengasuhan orang tua, dan penumpukan tugas. Upaya guru dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning berdasarkan big five personality yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, memberikan informasi kepada siswa melalui group whatsapp, memberikan reward, menautkan link yang menarik pada tugas di e-learning, screenshot nilai jika sudah mengerjakan, dan membuat slide pembelajaran yang menarik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik, Big five personality,E-learning, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:42
Last Modified: 23 Dec 2022 03:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item