PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN IPS PRA SERTIFIKASI DAN PASCA SERTIFIKASI DI MTs NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU

Akhmad Shauqi, (2013) PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN IPS PRA SERTIFIKASI DAN PASCA SERTIFIKASI DI MTs NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AKHMAD SHAUQI_59440934_ok-min.pdf

Download (546kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Akhmad Shauqi, NIM 59440934, PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN IPS PRA SERTIFIKASI DAN PASCA SERTIFIKASI DI MTs NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU”. Skripsi, Cirebon : Fakultas Tarbiyah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Institut Agama Islam Negeri Cirebon Syekh Nurjati, Juli 2013. Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Negeri Karangampel Kabupaten Indramayu, ditemukan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh para guru mata pelajaran IPS sudah baik. Dalam menjalankan tugas keprofesiannya sebagai tenaga pengajar guru mata pelajaran IPS senantiasa memberikan yang terbaik, bahkan pada saat di luar jam pelajaran guru mata pelajaran IPS masih melayani para siswanya yag ingin berkonsultasi. Fenomena yang terjadi di lapangan membuat penulis terdorong untuk meneliti tentang profesionalisme yang dimiliki guru mata pelajaran IPS pasca sertifikasi. karena profesionalisme yang dimiliki guru mata pelajaran IPS memiliki penngaruh besar dalam kesuksesan belajar siswa. Profesionalisme yang dimiliki oleh guru mata pelajaran IPS muncul benar-benar berasal dari ketulusan hati dan wujud taggung jawab sebagagai tenaga pendidik di Negeri Indonesia ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data profesionalisme guru mata pelajaran IPS pra-sertifikasi dan pasca sertifikasi kemudian mendeskripsikannya, serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengatehui impllikasi sertifikasi terhadap profesionalisme guru mata pelajaran IPS di MTs Negeri Karangampel Kabupaten Indramyu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research dan field research dengan pendekatan kulitatif deskriptif serta menggunakan teknik analisis isi (content analisys) berupa empat langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka. Data yang diperlukan dalam penelitin ini berupa data teoritik dan empirik. Sumber data teoritis diambil dari referensi buku-buku dan referensi lainnya yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan beberapa responden. Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS yang sudah lulus sertifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru mata pelajaran IPS di MTs Negeri Karangampel Kabupaten Indramayu sudah melakukan profesionalitas dalam profesinya sebagai guru ketika masih belum lulus sertitifikasi. Terbukti pada saat belum lulus sertifikasi guru mata pelajaran IPS sudah memiliki standar kompetensi guru yang baik, dalam hal pedagogik dan kompetensi profesional guru sudah melakukan pembelajaran yang berorientasi dialogis penggunaan strategi pembelajaran yang bervariatif dan mampu mengembangkan potensi siswa. Pasca sertifikasi guru mata pelajaran mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman tambahan untuk mempertajam gaya pengajaran di kelas dan lebih peka lagi dalam membaca potensi anak didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:57
Last Modified: 15 Mar 2017 03:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item