DESAIN DIDAKTIS DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGATASI HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Yughestie Ayunda, (2022) DESAIN DIDAKTIS DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGATASI HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terkait kegunaan mempelajari statistika menyebabkan siswa tidak serius dalam belajar statistika, sehingga munculnya hambatan belajar terutama hambatan epistemologi dimana terbatasnya pemahaman siswa terkait suatu konsep, oleh karena itu penting bagi guru untuk merancang sebuah desain pembelajaran serta antisipasinya guna mengatasi hambatan epistimologi siswa tersebut salah satunya yaitu dengan diterapkannya pendekatan matematika realistik. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) memperoleh desain didaktis materi statistika dengan pendekatan matematika realistik, (2) mengetahui hasil implementasi desain didaktis dengan pendekatan matematika realistik (3) mengetahui karakteristik hambatan epistemologi siswasetelah implementasi, (4) mengetahui analisis retrospektif beserta desain empirik. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian Didactical Design Research (DDR). Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) desain didaktis dengan pendekataan matematika realistik yang dibuat peneliti terdiri dari enam kegiatan mencakup kegiatan pembukaan, penggunaan konteks, penggunaan model of, model for, pemahaman formal dan kegiatan penutup, (2) hasil implementasi desain didaktis dengan pendekatan matematika realistik menunjukkan penurunan hambatan epistemologi sebesar 58,67%, (3) karakteristik hambatan epistemologi setelah implementasi desain diantaranya; hambatan terkait prosedur pengerjaan median data genap, pengoperasian persen dan derajat serta dalam membuat atau menarik kesimpulan, (4) analisis retrospektif dan desain empirik disusun berdasarkan hypothetical learning trajectory (HLT) yang telah dibuat dengan hasil bahwa sebagian besar desain didaktis awal masih dapat digunakan sepenuhnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Desain Didaktis, Pendekatan Matematika Realistik, Hambatan Epistemologi, Statistika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:36
Last Modified: 23 Dec 2022 04:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8971

Actions (login required)

View Item View Item