UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI ON-LINE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 PABEDILAN ( Penelitian Tindakan Kelas )

AAN ANDAYANI, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI ON-LINE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 PABEDILAN ( Penelitian Tindakan Kelas ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AAN ANDAYANI_59440931_ok-min.pdf

Download (624kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

AAN ANDAYANI:Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi On-line Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 1 Pabedilan( Penelitian Tindakan Kelas ) Kemajuan teknologi dan komunukasi yang berkembang pesat saat ini guru bisa memanfaatkan media internet dalam pembelajarannya yaitu melalui akun jejaring sosial Facebook dijadikan sebagai ajang diskusi on-line yang akan membuat belajar lebih menarik, interaktif dan komunikatif. Diskusi on-line ini merupakan sebuah grup diskusi yang berfungsi untuk menjalin komunikasi atau interaksi antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan sesama siswa dalam membahas materi pembelajaran dan menambah wawasan dan pengetahuan siswa akan teknologi. Namun pada kenyataannya guru mata pelajaran IPS kelas VIII lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam penyampainnya dan penggunaan metode pembelajaran yang tidak bervariasi dan dampaknya dalam pembelajaran siswa merasa jenuh, bosan, malas belajar, dan tidak memperhatikan pada saat guru menerangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang 1) Penerapanmetodediskusion-linedalampembelajaran IPS. 2) Aktifitas siswa dalam penerapan metodediskusion-linepada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Pabedilan. 3) Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaanmetodediskusion-linepadamatapelajaran IPS di SMPN I Pabedilan. Penelitian ini bertitik tolak pada kerangka pemikiran bahwa penerapan metode diskusi on-linedapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII pada sub pokok hubungan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Metode diskusi on-lineyang terdiri dari 3 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII – B SMPN 1 Pabedilan yang berjumlah 40siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi,tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1). Penerapan metode diskusi on-line pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Pabedilan dilihat dari respon siswa terhadap metode diskusi on-line yaitu sebesar 53,23% dengan kategori Cukup. 2). Aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 60 %, siklus II 72% dan siklus III 86%. 3). Hasil penelitian pada Pra siklus diperoleh rata-rata 72,40 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 50%, pada siklus I diperoleh rata – rata 73,75 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 52,50%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 76,00dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 70 %, dan pada siklus III ratarata hasil belajar siswa78,10 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 87,50 %.Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan metode diskusi on-line dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII - B SMP N I Pabedilan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:12
Last Modified: 15 Mar 2017 04:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item