EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Asep Saiful Rohman, (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran saat ini mengharuskan siswa untuk menjadi subjek utama dalam menggali pengetahuan. Guru tidak lagi menjadi pusat informasi dan siswa menerima informasi secara pasif, melainkan siswa yang menjadi subjek utama dalam mencari informasi. Model pembelajaran yang dilakukan seringkali belum memaksimalkan proses pembelajaran yang berorientasi terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini membuat guru harus mengupayakan suatu metode atau strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Salah satu model pembelajaran blended learning menggunakan website learning management system (LMS) adalah salah satu metode pembelajaran yang diharapkan mampu untuk melatih dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan website LMS, (2) Mengetahui kemandirian belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan website LMS, (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan website LMS terhadap hasil belajar matemattika siswa, (4) Mengetahui setiap kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika menggunakan blended learning website LMS. (5) Mengetahui penerapan pembelajaran blended learning website learning management system mencapai standar KKM terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Majalengka. Populasi sampel yaitu sebanyak 127 siswa dari 4 kelas XI dan sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 34 siswa dan diambil 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan 2 instrumen angket yaitu angket respon, angket wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran blended learning menggunakan website learning management system (LMS) memiliki presentase sebesar 79,67%. Presentase tersebut tergolong dalam kategori “hampir seluruhnya“ artinya hampir seluruhnya siswa merespon baik pernyataan yang diberikan terkait penggunaan model pembelajaran blended learning menggunakan website LMS, (2) Kemandirian belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan website LMS termasuk kategori “sedang” yang artinya kemandirian belajar siswa cukup baik dalam belajar, (3) Terdapat pengaruh kemandirian siswa setelah penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan website LMS terhadap hasil belajar siswa sebesar 72,8% dengan persamaan regresi yaitu

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, website learning managemant system (LMS), kemandirian belajar siswa, hasil belajar matematika siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:49
Last Modified: 23 Dec 2022 06:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item