PENGARUH PROBLEM FOCUSED COPING DAN EMOTIONAL FOCUSED COPING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI MTs AL-WAHDAH

Feni Oktapiani, (2022) PENGARUH PROBLEM FOCUSED COPING DAN EMOTIONAL FOCUSED COPING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI MTs AL-WAHDAH. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
CAVER DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Kecemasan matematika merupakan kondisi siswa yang merasa takut dan khawatir dalam pembelajaran matematika. Strategi coping adalah bentuk upaya yang dilakukan individu untuk menghadapi atau mengelola situasi serta kondisi yang bersifat menekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat problem focused coping dan emotional focused coping, 2) tingkat kecemasan matematika, 3) menganalis pengaruh problem focused coping terhadap kecemasan matematika siswa, 4) menganalisis pengaruh emotional focused coping terhadap kecemasan matematika siswa, 5) menganalisis pengaruh problem focused coping dan emotional focused coping terhadap kecemasan matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian, 1) tingkat problem focused coping siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 68% dan tingkat emotional focused coping berada pada kategori sedang dengan persentase 86%; 2) tingkat kecemasan matematika siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 72%; 3) terdapat pengaruh negatif problem focused coping terhadap kecemasan matematika dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05; 4) tidak terdapat pengaruh emotional focused coping terhadap kecemasan matematika, karena nilai signifikansi 0,924 > 0,05; dan 5) problem focused coping dan emotional focused coping secara simultan berpengaruh terhdap kecemasan matematika, dengan nilai . Besarnya pengaruh problem focused coping dan emotional focused coping terhadap kecemasan matematika pada siswa kelas VII MTs Al-Wahdah adalah sebesar 18,2% dan pengaruh lainnya sebesar 81,8%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Focused Coping, Emotional Focused Coping, Kecemasan Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:08
Last Modified: 23 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item