PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON MATA KULIAH ENTREPRENEURSHIP

Wina Juwita Sari, (2022) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON MATA KULIAH ENTREPRENEURSHIP. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penyerapan materi mahasiswa matematika. sehingga diperlukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran di kelas untuk dapat memudahkan mereka dalam belajar. Salah satu komponen yang harus disiapkan oleh dosen adalah dengan menyiapkan bahan ajar yang berbasis teknologi seperti e-modul. Bahan ajar e-modul ini menjadi salah satu alternatif jawaban untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi yang disukai oleh mahasiswa. Dengan kreatif dan inovasi dosen membuat bahan ajar secara menarik diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar yang sedang dihadapi oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan besar pengaruh dan perbandingan penerapan media pembelajaran dengan menggunakan E-Modul terhadap hasil belajar mahasiswa matematika semester 7. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket.Penelitian ini akan dilaksanakan di Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati dengan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Hasil analisi dilihat bahwa Pembelajaran dengan menggunakan E-Modul memiliki pengaruh positif terhadap Hasil beajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 3,655 > 1.714. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh Pembelajaran dengan menggunakan E-Modul terhadap Hasil belajar mahasiswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-Modul, Hasil Belajar Mahasiswa Matematika, Materi Kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:17
Last Modified: 23 Dec 2022 07:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9003

Actions (login required)

View Item View Item