PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KELAS X SMK ISLAMIC CENTRE CIREBON

Eryana Prihastinni, (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KELAS X SMK ISLAMIC CENTRE CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih monoton yang dilakukan guru di sekolah. Ketika proses belajar, guru hanya mengandalkan pembelajaran konvesional atau pembelajaran satu arah (metode ceramah). Bahan ajar yang digunakan tidak menambah minat belajar siswa membuat siswa menjadi jenuh dan kesulitan dalam menyerap materi yang disampaikan. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi tidak aktif selama pembelajaran berlangsung karena belum ada media interaktif yang menarik untuk menambah minat belajar siswa khususnya pelajaran matematika. Di SMK Islamic Centre media yang digunakan hanya buku paket dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Dalam proses pembelajaran media tersebut kurang menstimulus siswa dalam minatnya terhadap belajar matematika. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi media pembelajaran yang memberikan respon positif terhadap minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan dan menguji kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android dengan Adobe Flash CS6 yang bedasaskan kelayakan dari penilaian Ahli Media, Ahli Materi dan Ahli Bahasa. Sampel uji coba penelitian ini adalah siswa Kelas X Akutansi SMK Islamic Centre Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ( Research and Development) dengan melakukan tahap penelitian yaitu : 1) identifikasi potensi masalah 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi produk, 5) Validasi ahli media, 6) Revisi desain, 7) Uji coba produk, 8) Revisi produk, 9) Uji coba pemakaian, 10) Pembuatan produk massal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Tingkat kelayakan produk bedasarkan penilaian validasi Ahli Media, Ahli Materi, dan Ahli Bahasa dan Uji Coba Produk kepada siswa melalui angket, kemudian penilaian dari guru. Hasil penelitian menghasislkan media pembelajaran berbais android dengan Adobe Flash CS6 yang dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika oleh para ahli, yaitu ahli media diperoleh presentase 94% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi diperoleh presentase 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan ahli bahasa diperoleh presentase 100% . Bedasarkan Respon Siswa melalui angket pada uji coba pemakaian memperoleh presentase 87,2% dengan kategori “Sangat Layak”. Bedasarkan Penilaian dari guru matematika memperoleh presentase nilai 88,46% dengan kategori “Sangat Layak”.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Adobe Flash CS6
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:25
Last Modified: 23 Dec 2022 07:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9007

Actions (login required)

View Item View Item